Install SSL Certificate di IIS

SSL Certificate adalah sebuah file data berukuran kecil yang menyimpan data cryptographic seperti Common Name, Company Name, Country, City, Province dan Organization Unit Name sekaligus dengan informasi identitas atas Server Anda. SSL sendiri singkatan dari Secure Socket Layer, juga dikenal dengan istilah Transport Secure Layer (TLS). Ketika SSL Certificate di install pada sebuah web server, ia melindungi transmisi data antara server dan browser. SSL digunakan untuk melindungi transaksi kartu kredit, data transfer, user/password login dan informasi data sensitive lainnya.

Dengan SSL Certificate data jadi terenkripsi sebelum melakukan transmisi melalui internet. Data yang telah terenkripsi dapat didekodekan hanya oleh server yang mana aAnda benar-benar mengirimkannya sendiri. Ini adalah jaminan bahwa informasi yang anda kirimkan ke situs web tidak akan dicuri atau dirusak.

Dimana kita bisa mendapatkan SSL Certificate, kita bisa membuatnya sendiri dengan men-generatenya menggunakan tool gratis yang bisa didownload di internet maupun membelinya dari vendor penyedia SSL Certificate seperti Symantec dan GeoTrush.

Pada session ini kita akan belajar menginstall SSL Certificate di web server IIS. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Buka Control Panel pilih Administrative Tools, kemudian buka Information Services (IIS) Manager anda.
  2. Dari Panel Home, double-click the "Server Certificates".
  3. Dari panel "Actions" disebelah kanan, pilih "Complete Certificate Request."
  4. Setelah “Complite Certifacte Request” dipilih, akan membuka jendela “Specify Certificate Authority Response”. Kemudian browse file Sertifikat SSL, isi Friendly name sesuai nama Aplikasi, Kemudian tekan tombol OK.
  5. Setelah file Sertifikat SSL terpasang selanjutnya Binding ke Web Aplikasi. Pilih Web Aplikasi di Menu Site.
  6. Dari panel "Actions" disebelah kanan, pilih "Bindings...". Kemudian akan tampil jendela Site Binding.
  7. Pada jendela Site Binding tekan tombol “Add”, kemudian akan tampil jendela Edit Site Bindings. Pada Jendela Edit Site Binding pilih “https” di combo Type, isi Port yang akan digunakan kemudian pada combo File SSL Sertificate pilih nama Friendly Name yang sudah kita buat di atas. Selanjutnya tekan tombol OK.
  8. Restart Web Aplikasi, selanjutnya browse Web Aplikasi di site “https”.
  9. Selesai, SELAMAT MENCOBA....!


No comments:

Post a Comment