Gzip Compression


Gzip adalah sebuah file format, atau metode pemampatan file. Dengan gzip, file anda dapat di mampatin menjadi lebih kecil ukuranya. Gzip juga digunakan dalam penyajian konten web sehingga meningkatkan performance web anda.

Dengan menggunakan gzip compression, web anda akan lebih cepat untuk dimuat dan juga menghemat bandwith pada hosting atau server.

Kebanyakan browser sekarang seperti Internet Explorer, Firefox, Opera dan lainnya sudah mendukung gzip compressed. Ada banyak web server yang sudah menyediakan fitur gzip compression kita tinggal mengaktifkan saja.

Pada contoh di session ini kita akan mengaktifkanya di web server Tomcat dan IIS. Saya asumsikan anda sudah punya web aplikasi yang sudah di hosting di Tomcat bagi yang develop web menggunakan Java environment atau di IIS bagi yang mendevelop menggunakan .Net environment.

Berikut ini cara konfigurasinya di Tomcat, buka file /config/server.xml di Tomcat anda. Cari baris Connection kemudian tambahkan script dibawah diantara tag Connection.

compression="on" 
compressionMinSize="2048" 
noCompressionUserAgents="gozilla, traviata" 
compressableMimeType="text/html,text/xml"

Contoh :
<Connector connectionTimeout="20000"
 compression="on"
        compressionMinSize="2048"
        noCompressionUserAgents="gozilla, traviata"
        compressableMimeType="text/html,text/xml"
 port="8181" 
 protocol="HTTP/1.1"
 redirectPort="8443"/>

Simpan perubahan scriptnya dan jalankan kembali Tomcat anda. Kini aplikasi anda sudah mengaktifkan fitur Gzip Compression.

Anda bisa melihat perbedaannya sebelum dan setelah menggunakan Gzip Compression, dengan menggunakan Firebug tool, anda bisa mendownloadnya di internet. Jalankan web aplikasi di browser Mozzila, klik dua kali icon serangga di sudut kanan atas.

Gambar dibawah ini adalah tampilan halaman sebelum Gzip compression diaktifkan.
Gambar tampilan halaman setelah gzip compression diaktifkan.

Berdasarkan testing menggunakan Firebug tool diatas terlihat perubahannya yang sangat signifikan untuk mengakses halaman yang sama. Sebelum Gzip compression diaktifkan browser butuh waktu 4.88s dengan response data sebesar 7.1MB setelah diaktifkan hanya butuh 673ms untuk response data 74.9KB. Disini terjadi perubahan ukuran file dari 7.1MB menjadi 74.9KB.

Untuk konfigurasi di IIS sangat mudah dengan menggunakan UI Interfaces. Pastikan dahulu kalau anda sudah menambahkan Ferformance Features di IIS anda. Jika belum install dahulu dengan pilih Control Panel, klik Program and Feature kemudian pilih Turn Windows feature on or off seperti gambar dibawah.


Centang Dynamic Content Compression dan Static Content Compression seperti gambar dibawah, kemudian tekan OK.

Setelah proses install selesai, buka IIS Manager anda, pilih panel Features View, klik dua kali icon Compression.
Centang Enable dynamic content compression dan Enable static content compression, kemudian tekan Apply dan restart IIS anda.

SELAMAT MENCOBA..!

No comments:

Post a Comment